-->

Objek Wisata Taman Sari Keraton Yogyakarta

Objek Wisata Taman Sari Keraton Yogyakarta

Deskripsi Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah bekas taman Keraton Yogyakarta yang dibangun pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono I (1758-1765). Sebenarnya Taman Sari dulu memiliki luas 10 hektar lengkap dengan gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, danau buatan, pulau buatan dan lorong bawah air.
Objek Wisata Taman Sari Keraton Yogyakarta
Taman Sari Keraton

Taman Sari terbagi menjadi 4 bagian:
  1. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat.
  2. Bagian kedua adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun.
  3. Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua.
  4. Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.

Jalan Menuju Taman Sari Keraton Yogyakarta
Taman Sari Yogyakarta berada tidak jauh dari Keraton Yogyakarta. Berjarak hanya kurang lebih 1 km dan dekat dengan alun-alun Selatan Yogyakarta. Jika berangkat dari Jalan Malioboro, maka Anda cukup berkendara menuju ke Selatan ke arah Keraton Yogyakarta atau Alun-alun utara Jogja, kemudian ambil jalan yang berada di sebelah barat Alun-alun hingga Anda menemukan perempatan pertama lalu belok kiri dan ikuti terus jalan tersebut. Akan lebih mudah lagi jika Anda memarkir kendaraan di area parkir keraton yang berada di sebelah timur Alun-alun lalu menggunakan jasa becak dengan tarif Rp.10.000,- sembari menikmati bangunan tua seperti Benteng yang bisa Anda jumpai dalam perjalanan menuju Taman Sari.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Jam buka Taman Sari
Taman Sari Keraton Yogyakarta dibuka setiap dari mulai pukul 08.00 – 14.00 wib.
Harga Tiket Masuk
Adapun harga tiket untuk wisatawan lokal adalah Rp.3000,- dan untuk wisatawan manca negara Rp. 7.000,-

Fasilitas di Seputar Keraton Yogyakarta

Tempat Parkir
Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya Anda masuk melalui gerbang sebelah timur karena disini terdapat area parkir yang cukup luas.

Pemandu Wisata
Jika Anda ingin mengetahui sejarah Taman Sari secara lebih detail, Anda bisa menggunakan jasa pemandu wisata yang berada di sana. Tarifnya pun standar karena memang mereka memiliki izin, yaitu Rp. 10.000,- hinga Rp.20.000,-

Penginapan
Ada banyak penginapan ataupun hotel yang terletak tidak jauh dari Taman Sari Keraton Yogyakarta, sebut saja Alkid Homestay dan Griya Patehan Guest House yang hanya berjarak kurang lebih 300 meter dari Keraton Yogyakarta. Anda juga dapat menginap di hotel berbintang yang terletak di sepanjang jalan Malioboro. Anda bisa mencari booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “malioboro”.

Tempat Makan
Banyak warung makan atau restoran yang bisa Anda jumpai di sekitar objek wisata taman sari Keraton Yogyakarta. Pada malam hari, Anda bisa berjalan ke jalan Malioboro dan bisa leluasa menikmati makanan khas Jogja yaitu Gudeg di warung-warung pedagang kaki lima yang membuka lapaknya di sepanjang jalan Malioboro.

Toko Cinderamata dan Oleh-oleh
Banyak toko souvenir dan cinderamata seperti toko batik, keris dan lain sebagainya yang bisa Anda jumpai tidak jauh dari Kraton Yogyakarta. Untuk oleh-oleh makanan khas Jogja, Anda pun bisa membeli bakpia Patok, Geplak dan jajanan khas Jogja lainnya di jalan Maliboro atau bisa langsung naik becak dan minta diantar ke kawasan pertokoan yang khusus menjual makanan khas Jogja.

Demikianlah informasi tentang Taman Sari Keraton Yogyakarta. Semoga bermanfaat dan jika Anda suka artikel ini, mohon berikan like, twit atau share pengalaman berwisata ke Kraton Jogja jika perlu sertakan foto Anda di sana pada kolom komentar. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Objek Wisata Taman Sari Keraton Yogyakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel